CABE JAMU WARISAN NUSANTARA


CABE JAMU WARISAN NUSANTARA
Cabe Jamu Grade A
Cabe jamu merupakan tanaman warisan nusantara yang keberadaanya telah ada sejak jaman dulu. Orang tua kita dahulu telah memanfaatkan cabe jamu ini untuk berbagai macam kebutuhan. Cabe jamu biasanya digunakan untuk campuran jamu dan obat setelah melahirkan. Orang-orang dahulu meyakini kasiat yang terkandung didalam cabe jamu ini ampuh untuk berbagai macam obat penyakit.

Pada jaman dahulu orang hanya mengenal cabe jamu ini sebagai tanaman obat yang memiliki nilai ekonomis yang rendah. Sehingga tidak ada orang yang tertarik untuk membudidayakan  cabe jamu ini. Masyarakat hanya menanam cabe jamu sebagai tanaman obat rumahan. Cabe jamu hanya dibiarkan tumbuh liar tanpa ada perawatan yang lebih intensif.

Pada tahun 2000an cabe jamu mulai banyak dilirik oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan cabe mulai banyak dicari oleh pembeli dipasaran. Selain itu manfaat cabe jamu untuk kesehatan sudah banyak diketahui dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan. Karena banyaknya permintaan dari pasar, menyebabkan harga cabe jamu melambung tinggi. Bahkan dikutip dari berbagai sumber, cabe jamu kering pernah menyentuh harga > 100.000/kg.


Selain dikenal dengan istilah “Cabe Jamu”tanaman ini juga dikenal dengan sebuatan “Cabe Jawa”. Penamaan disetiap daerah juga berbeda-beda. Namun yang paling banyak dikenal oleh masyarakat umum adalah cabe jamu dan cabe jawa. Bahkan dikarenakan tanaman ini mirip dengan lada, tanaman ini juga ada yang menyebutnya dengan istilah lada panjang.

Cabe jamu kini telah tersebar diseluruh wilayah Indonesia. cabe jamu yang semula hanya tanaman rumahan kini menjelma menjadi tanaman dengan kualitas ekspor. Penyebaran cabe jamu yang sangat masih juga menyebabkan sedikit perubahan pada karateristik cabe jamu ini. Hal ini dikarenakan tanah dan iklim disetiap daerah berbeda-beda, sehingga menyebabkan sedikit perbedaan karateristik cabe jamu ini. Akan tetapi perbedaan cabe jamu antara daerah satu dengan daerah yang lain tidaklah sangat menonjol. Hal ini justru sangat wajar karena nutrisi yang ada ditanah ditiap-tiap daerah pasti berbeda-beda. Sehingga cabe jamu ini menyesuaikan diri dengan habitat barunya.


Walaupun nutrisi yang terkandung dalam tanah berbeda-beda tetapi manfaat dan kegunaan cabe jamu ini masih tetap sama. Selain itu jika kita mengamati dengan seksama kandungan yang penting pada cabe jamu ini adalah minyak atsiri dan kadar pipperinya. Besar kecilnya sebuah cabe jamu tidak bisa menjadi sebuah indikator banyak sedikitnya minyak atsiri dan pipperin yang terkandung pada cabe jamu. Untuk mengetahui kandungan yang terdapat pada cabe jamu ini harus membutuhkan pengujian di laboratorium agar mendapat hasil yang lebih valid. 

CABE JAMU WARISAN NUSANTARA